Umbul Sidomukti

Yeayy, Semarang lagi!! Ini adalah bagian dari trip 24 jam di Semarang bareng partner traveling gue. Kali ini gue mampir ke Semarang atas yang katanya view-nya okay beudds. Let's dolan Umbul Sidomukti. Wisata Umbul Sidomukti ini terletak di lereng gunung ungaran, tepatnya di desa sidomukti, Bandungan  Kabupaten Semarang.

Untuk menuju ke tempat wisata yang terletak dengan ketinggian 1200 mdpl ini, perjalanan dimulai dari stasiun tawang Semarang. Keluar stasiun tawang, langsung ambil keluar arah kanan, gak jauh dari situ ada halte BRT. Naik BRT 09 arah Bawen dengan harga tiket 3.500 dan turun di halte lemah abang. Jarak dari stasiun tawang ke lemah abang ini lumayan jauh, searah dengan jalur menuju ke Solo. Kalau kalian ragu naik BRT yang mana, tanya aja sama mas-mas yang super ramah disana, nanti ditunjukkan kok harus naik apa.

Turun di halte BRT lemah abang, dari halte ini naik angkot hijau dan turun di pasar jimbaran. FYI karena ini adalah jalur arah keluar kota jadi kalian perlu hati-hati. Setahu saya, bus-bus yang melewati jalur utama seperti ini biasanya selalu melaju dengan kencang. Tarif angkot sampai pasar jimbaran 5.000. Dilanjutkan dengan naik ojek ke umbul sidomukti. Iya, naik ojek. Karena dari jimbaran ini gak ada angkot yang langsung ke sidomukti, dan saya tidak menyarankan untuk berjalan kaki. Dengan tarif ojek 20.000, harga segitu termasuk worth it kalau liat akses jalannya yang lumayan parah serta naik turun.

Pas naik ojek, si bapak-nya yang nganterin nanya mau turun dimana? wisata kolam alam atau pondok kopi. So, kemarin sih kita minta diturunin di wisata kolam alam, karena penasaran sama view dan outbond-nya. Dan alhamdulillah ojeknya baik banget, nawarin buat jemput lagi kalau nanti udah pulang. Tadinya sih gue gak mau, cuma pas begitu nyampe lokasi, gue dan temen gue nge-iya-in tawaran si bapak gojek. Karena di Sidomukti gak ada pangkalan ojek dan gak mungkin banget balik ke jimbaran dengan jalan kaki 😑

Masuk sidomukti dikenakan charges 13.000/orang. Biaya ini include renang aja. Kalau mau outbond dikenakan charges lagi. Dan tiket masuknya berupa flyer yang harus digelangkan di tangan. Lucu.

Flying fox

Belum sah kalo gak nyebur

cari yang anget-anget

ngegalau~~
Berhubung kita sampai di sini masih pagi, jadi tempatnya belum terlalu ramai. Dan kita masih bisa menikmati renang di kolam alam ini tanpa harus berdesakan dengan pengunjung lain. Tapi, setelah agak siangan tempat ini jadi sangat ramai. So, kalau kalian mau kesini mending dateng pagian aja. Kayak kita, jam 8 pagi udah sampai di tempat. 😆

Setelahnya, kita penasaran sama pondok kopi-nya umbul sidomukti. Katanya ini spot nongkrongnya arek-arek Semarang. Nongki-nongki cantik sambil ngopi dengan view yang masha allah bikin adem jiwa raga, cuss kita cari yang namanya pondok kopi sidomukti. Kalau diliat dari map sih gak terlalu jauh dari area kolam renang ini. Kita telusuri lah jalan kaki kesana, emang sih jalannya nanjak yak. Cuma pas dicoba buat jalan, subhanallah kaki gue gak kuat nahan beratnya badan dan tas bawaan yang berat gegara baju basah bekas renang.

Capek. Tapi penasaran. Ki piye jal? Jalanannya udah curam, nanjak, kelok-kelok pulak. Dan beberapa kendaraan lalu lalang lewatin kita, bukannya inisiatif numpangin malah cuma nyemangatin "ayo, mbak semangat!" Cih! Setengah perjalanan udah dilewatin, tapi pondok kopinya tetep aja kagak keliatan. Ya allah 😥. Trus temen gue yang super duper pede-nya nyetop mas-mas motoran yang lagi lewat, dan.... mereka mau numpangin kita. Saat itu gw antara seneng, malu, tapi gak bisa ngmong apa-apa. Empat jempol deh buat temen gue itu yang mau nyelametin setengah sisa nyawa gw di Sidomukti 😆.

nyemil

red velvet

mehong~~

pondok kopi cafe

dimanapun tetep gegoleran
Puas jalan kaki, maen air, ngopi-ngopi, gegoleran, sorenya kita balik. Dan telpon bapak ojeg buat anterin kita balik ke jimbaran. Si bapaknya ini super ramaaah banget. Tapi namanya gue lupa. Temen gue punya kontaknya si bapak. Next time kalau kalian butuh kang ojeg buat anterin pp si bapaknya siap sedia deh.

Pulang dari sidomukti, setelah naik angkot dari jimbaran kita diturunin di pasar babadan. Dari sini kita naek bus 3/4 gitu diturunin di halte brt terdekat. Nah, dari brt bisa lanjut ke jurusan mana aja yang dituju.