Day One-Two : Phuket Town

Entah kenapa gw untuk perjalanan kali ini malesssss banget buat nulis. Kalo gak di bakar semangatnya sama temen-temen yang nungguin cerita gila gw mah, gw gak akan bikin nih tulisan. Tinggal buka instagram gw aja cukup. Tapi gw mengapresiasi perhatian mereka juga, gw fikir selama ini, ini tulisan cuma gw anggap personal diary aja yang cuma buat nyimpen beberapa memory yang menarik buat gw tulis. Tapi ternyata, mereka juga ikut tertarik membacanya dan mereka udah nunggu-nunggu tulisan ini dimuat. Terima kasih yah kalian yang sayang sama aku, peluk dan kecup dari jauh buat kalian.

Trip kali ini gw menuju ke South Thailand dan bablas ke Malaysia. Jakarta - Phuket mengawali langkah gw, pesawat dapet flight sore dan sampai sana jam setengah delapan malam. Begitu sampai bandara phuket dan mau masuk imigrasi, gw tengak tengok kayak bolang (bocah ilang), gw berharap ada orang yg berbaik hati ngajak gw bareng sama kelompok mereka, but none! 

Kelar urus imigrasi, tarik rangsel, busungkan dada, tegakan badan, gw belagak udah kenal ama ini tempat. Ya, klo gw masih pelonga pelongo tar kena scamming, musnah sudah harga diri gw :'( Berbekal hasil browsing, sebaiknya dari aiport phuket itu naiklah bus / van. Kalo naek taxi biasanya banyak taxi scam yang ujung-ujungnya cuma penipuan. Tadinya berhubung udah malem, dan sendirian di negeri orang, gw pengen naek taxi. Cuma setelah diitung-itung isi dompet difikir-fikir, naek bus aja lah. Kan dulu juga biasa jadi kenek Margasari - Slawi :D

Begitu keluar bandara, langsung belok ke arah kiri. Disitu ada pangkalan airport bus. Busnya warna kuning. Dan jam terakhir dia berangkat itu jam 8 malam. Syukurnya gw masih kedapetan juga itu bus, setelah nunggu dan nanya-nanya bus yg ke Phuket Town. Enaknya naek airport bus itu hemat, kita cuma bayar 100 baht (April 2015), dengan tujuan akhir Phuket Town.

"Can you dropped me at Yowarat Road?" Eh, si supir yang tampangnya India banget cuma melongo. Dan gw tepok jidat. Gw keluarkanlah tulisan sansekerta yang udah gw download untuk jaga-jaga seandainya orang yang gw tanya gak tau alamat yang gw cari. Yang artinya kurang lebih "Kangmas seng ganteng, muduno aku nang alamat iki yo, matur nuwun." Yakali artinya begitu -_-

Begitu sampai di Yowarat Road gw bahagia, tanpa gw tau mana hostel yang udah dibooked. Tapi gak nyampe 5 menit gw jalan, gw langsung nemu itu hostel. Ya Tuhan, baik banget ngasih radar yang bagus buat gw. Tsahh! Phuket Town ini kota yang simply ya menurut gw. Kecil, simpel, gak terlalu crowded, dan yang pasti satu hal, pas berada disini tuh gw malah berasanya lagi ada di Chinatown, Singapore.

Apa aja sih tempat yang menarik di Phuket?

Wat Chalong
Entah kenapa ini jadi first list gw di Phuket, bahkan sampe beberapa bulan sebelum perjalanan gw dimulai, gw sampe mimpi-mimpi udah ada di Wat ini. Hadeh. 


Pura Utama

Berkunjung boleh, tapi jangan ganggu yang lagi ibadah

Pertama kali liat, kayak rumah adat yg ada di Sumatera Barat -_-


Jadi, Wat Chalong atau Chalong Temple ini (Wat bahasa Thai dari kata Temple atau Pura dalam Bahasa Indonesia nya), merupakan tempat ibadah yang lokasinya ada di pusat kota Chalong, Phuket. Ketika berada disini, atmosfir yang terasa tidak terlalu religius walau banyak beberapa pengunjung yang melakukan ibadah. Mungkin karena ini salah satu spot untuk dikunjungi turis. 

Seperti tempat ibadah pada umumnya, kita harus menghargai tempat ini. Ketika kita memasuki tempat ini, kita tidak boleh gaduh dan jangan menyentuh patung ataupun peninggalan Buddha lainnya. Kita harus melepas alas kaki dan berpakaian sopan. Nah, bagi kalian yang berkunjung cuma pake hotpants, tenang aja mereka sudah menyediakan beberapa lembar kain yang bisa digunakan untuk menutupi bagian tubuh kita. Cuma gw gak tau itu ujung2nya bayar apa kagak :D 




Muterin Wat ini siang bolong, lumayan bikin keringet makin menjadi-jadi. Panasnya Thailand, Fyuuh. Melipir bentar beli es krim buat ngelegain tenggorokan and caoo next route.

Big Buddha Phuket

Ini merupakan salah satu landmark paling penting dan paling dihormati di Phuket. Lokasinya berada di sebuah bukit, dan mudah sekali terlihat. Bahkan sejak berada di Wat Chalong saja, The Big Buddha ini sudah bisa terlihat. Dan waktu berada di Kata Beach pun, patung ini dapat terlihat jelas. Dari tempatnya yang tinggi, disini kita bisa melihat Phuket dari ketinggian.

Dengan ketinggian 45 meter, seluruh tubuh patung Buddha ini terbuat dari marmer putih yang indah apalagi kalo terkena paparan sinar matahari semakin cantik, yang konon materialnya berasal dari Burma (Myanmar). Hebatnya lagi, dana yang digunakan untuk membuat spot paling menarik ini berasal dari sumbangan. Padahal kalo difikir-fikir proyek sebesar ini membutuhkan banyak dana lho. Dan satu hal yang pasti, bikin gw berdecak kagum, selama berada di Phuket sini tempat wisata mana saja dapat dikunjungi gratis. Free entrance ticket, free parking!

Disini kita belajar gimana caranya menghargai apa yang kita punya, mengolahnya menjadi lebih baik lagi, lebih menarik lagi, dan menjaganya. Jangankan tempat rekreasi, naroh motor bentar aja tau2 udah diparanin tukang parkir, padahal pas naroh mah sepi gak ada siapa2 -_-


The Big Buddha


Gemessss
Sebelum menaiki anak tangga menuju ke atas, ada sebuah ruangan terbuka yang menampilkan beberapa sejarah pembangunan tempat ini, beberapa ajaran buddha, dan beberapa kotak sumbangan yang jumlahnya lumayan banyak. Mungkin kalo kita gak mengerti, rada sedikit sakit mata ya ngeliat banyak kotak amal gitu. Tapi, memang wajar sih menurut gw. Mereka membangun tempat seindah ini cuma berdasar kemurahan hati orang-orang yang tergerak hatinya untuk ikut membangun tempat mereka. Dan ketika kita masuk, tidak sedikitpun kita dimintai biaya. Sebenarnya itu patut di apresiasi.

Saat mulai menapaki anak tangga, ada beberapa bunyi gemerincing yang merdu banget dari ratusan lonceng yang berada disana. Ketika angin menghembus dengan lembutnya, lonceng-lonceng itu pun membuat berasa lebih rilex dan tenang. Apalagi disuguhi dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang bikin mata segerrrrr.



Inilah Phuket dilihat dari atas pelataran Big Buddha
Untuk masalah statue, kalo di compare sama Borobudur, menurut gw sih lebih cantikan Borobudur yah. Karena disini cuma disuguhin satu spot statue utama dan memang ada beberapa yang lainnya. Sedang di Borobudur selain memiliki banyak statue, kita juga disuguhin cerita di balik relief-reliefnya. Sedang di Big Buddha yang paling indah menurut gw adalah pemandangan yang disuguhkannya. Kita bisa melihat betapa indahnya Phuket dari titik teratas. Its so beautiful dear.

Promthep Cape

Gw klo ditanya spot mana yang pengen gw kunjungi lagi kalo ke Phuket, gw bakal jawab inilah tempatnya, Promthep Cape! Begitu nyampe sini, gw langsung jatuh cinta sama nih tempat. Jadi, Promthep Cape sendiri adalah Tanjung berbatu yang menjorok ke laut di ujung barat selatan Phuket. Ini merupakan titik paling selatan dan selatan barat. Biasanya banyak wisatawan yang datang kesini cuma mau ngeliat sunsetnya aja.



Biasanya pengunjung yang datang ke Promthep Cape ini lebih mengkhususkan diri untuk melihat sunset. Jadi menjelang sore, tempat ini sudah sangat ramai. Gw dateng kesini 2x, yang pertama dateng masih siang bolong gitu. Tempatnya bagus, udaranya sejuk, dan lautnya tenang banget. Dari tempat utama, gw jalan menyurusi jalan kecil, berbatu, menurun dan berkelok gitu. Track nya lumayan curam yak, karena emang bukan dikhususkan untuk jalan umum. Jadi kayaknya yang penasaran ngeliat keseluruhan pemandangan, mereka bakal bela-belain turun kebawah. Masih banyak rerumputan kering, pohon-pohon, dan ilalang gitu. Klo gak salah sih sekitar 30 menit an buat nyusurin jalan itu sampe ujung mentok. Dan ketika udah sampe ujung, Subhanallah, Speechless!

Capeknya tuh kebayar sama pemandangan yang disuguhkan. Cantiiiikkkk banget.

Andaman sea
Oia kalo mau bela-belain turun kebawah sini, gw saranin untuk lebih berhati-hati. Karena dipinggir adalah tebing, kepleset dikit takut jatoh dan gak ada yang nolongin. Soalnya waktu gw kesitu aja tempatnya sepi. Karena emang gak semua orang mau turun kebawah. Jadi kalopun lo teriak-teriak minta tolong, gak akan ada yang denger gw rasa. Jadi kalo mau lebih amannya, nikmatilah pemandangan dari tempat yang orang-orang umum pada duduk-duduk. Jangan nekat! :p

Diujung sini gw cukup lama duduk-duduk, susananya lebih tenang, menikmati semilir angin, dan birunya laut Andaman depan mata gw, tanpa bisa berkata-kata lagi. Cuma bisa mensyukuri semuanya, bisa diberi kesempatan oleh Tuhan bisa berada di tempat secantik ini di bumi milik-Nya, dan menyusukuri betapa sempurna hasil karya-Nya. Setelah puas, gw balik lagi ke tempat semula, pas baliknya bener-bener berasa capek. Dengan jalan yang terjal dan naik, tanpa berbekal air minum. Tenggorokan gw udah kering kerontang, keringet gw ngucur terus, dan kaki gw berasa gempoooorr.

Besokannya dateng kesini lagi, tapi pas kesini udah sore dan emang karena mau liat sunset dari sini. Tapi begitu nyampe, gw udah gak dapet feel seperti pertama kesini. Karena sore hari kondisi disini jauh lebih rame dibanding siang hari. Begitu nyampe, udah banyak orang berjejer berebut tempat yang pas untuk mengabadikan sunset. Dan gw akhirnya menepi ke pinggiran, cari tempat kosong buat sekedar duduk-duduk . Entah, gw kurang suka aja kalo ngunjungi tempat yang rame.






To be continue...

Komentar

  1. Asli ya pemandangannya keren banget. Mba yang jalan2 sendirian juga bikin ngiri. Pengen bisa kayak gitu, hehe

    Di tunggu part 2nya! Ga mau ya ada part 3, part 4, dan selanjutnya, ga sabar ini.. hihi

    BalasHapus
  2. Jgn lama ya part 2 nya.bikin penasaran aja ceritanya.beruntung bisa liat2 keindahan alam semesta ya.salut buat kamu...keep spirit.oh BTW kalau ke Thailand lagi n ke wat2 nya jgn lupa kotak Dana diisi sukarela.itu DOA buat rejeki n berkah buat kita hehe

    BalasHapus
  3. Keren euy viewnya.
    Ditunggu episode mbolang selanjutnya :D

    BalasHapus
  4. Keren euy viewnya.
    Ditunggu episode mbolang selanjutnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Common

Umbul Sidomukti

Jogja, Never Ending Story...

Solo Backpacker Goes to Singapore Part II

Mengisi Amunisi di Resto Kapitan, Penang

Day Nine-Eleven : Kuala Lumpur - Pulang

Day Three : Patong, Karon, Kata Beach

Solo Backpacker Goes to Singapore Last Part

Semarang 24 Jam

Mlaku-Mlaku Nang Semarang (Day1)