Bumi Lambung Mangkurat, Bungas!

Udah sekian lama bolak balik Jakarta - Kalimantan, baru kali ini kefikiran buat bikin tulisan ini, hahaha. Karena alasan tugas negara inilah, awal kalinya love in first sight sama si Borneo. Gw pernah stay disini sekitar 2,5 tahun mengembara. Dititah mencari titisan Sang Wisnu sama Dewi Widowati. Lo pernah kan nonton film Jumanji? Ketika Allan Parish kembali setelah 'ditelan' papan monopoli, do'i balik dengan random fashion. Oh God, sorry gaes, gw gak se-ekstrim itu. Masih cantik kok kata mirror mirror on the wall. *wink* *okeh abaikan*.

Area pergaulan gw disana cuma bolak balik Kalteng - Kalsel (baca: Palangkaraya-Pulang Pisau-Kapuas-Banjarmasin-Martapura). Dikarenakan gw juga udah mengalami beberapa penyakit ingatan -kalo kata master Andri Wongso, orang penting itu cuma inget hal yang penting-penting *Tsahh!- jadi gw gak akan cerita terlalu banyak. Karena Kalimantan sungguh indah jika disaksikan sendiri lewat mata, bukan melalui tulisan.

Pulau terbesar di Indonesia dan terbesar ke-tiga di dunia ini, pernah dicanangkan sebagai salah satu paru-paru dunia dikarenakan hutan rimba alaminya. Bayangkan saja ketika gw pertama kalinya melakukan perjalanan dari Palangkaraya - Pulang Pisau, yang bisa gw lihat sepanjang jalan hanyalah hamparan hijau pepohonan. Selain itu, peran lahan gambut disana sangat penting dalam upaya memperlambat pemanasan global karena kepadatan karbonnya bisa 10-15 kali lebih tinggi dari pada hutan ditanah biasa. Gak heran, gw pernah denger peraturan disana yang menyatakan pelarangan keras untuk menebang pohon sembarangan. 

Namun ketika industri bergejolak, tak ayal lagi sering ditemukan pembalakan dan pembakaran hutan secara liar. Miris memang, namun populasi yang meningkat, akan berpengaruh pula pada meningkatnya kebutuhan lahan akan ekosistem kehidupan. Ada yang tumbuh, pasti ada yang hilang. Mungkin begitulah hukum kehidupan.

Kalimantan Selatan, dengan Banjarmasin sebagai ibukotanya. Merupakan kota paling ramai di Kalimantan setelah Balikpapan. Dan disini pula, banyak berdiam suku Banjar. Begitu menginjakkan kaki di Bumi Lambung Mangkurat ini, akan disambut oleh sinar mentari yang amat terik. Panasnya lebih panas daripada di Jakarta. Begitu terik banget. Tapi, panasnya tentu aja beda dengan di Jakarta. Kalo di Jakarta panas karena polusi, disini panasnya beneran karena teriknya matahari. Awal-awal gw berada disini, gue sering sakit kepala bro!

Kota ini juga dikenal dengan pasar terapungnya. Tapi sayangnya selama bertahun-tahun akika berkelana, belum sekalipun mengunjungi spot yang paling terkenal se-antero Banjarmasin ini. Hahaha, so pity I am. Pasar terapung ini bisa dikunjungi sejak jam 04.00 - 07.00 WITA. Masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikunjungi, tapi sayang lagi gegara kebentur dengan tugas negara, akikaa jadi gak banyak berkelana (baca: hanya berburu makanan hahaha). Hikss.

Pondok Ikan Bakar Asian

Ini salah satu tempat makan paliiiing enakk di Banjarmasin. Yang disuguhin gak jauh dari makanan laut. Rasanya mantappp bingiiitttts dan wajib lo cobain klo berkunjung ke kota ini. Kalo gak salah letaknya ada di Jalan Gatot Subroto, tapi gw lupa alamat persisnya dimana hahahaha.

Udangnya bikin nagih

Kerang.. kerangkai hatimu.....
Es Nyiur Jahe

Kalo dari airport menuju ke arah Kota Banjarmasin, pasti akan ngelewatin tempat ini. Sebuah kedai es kelapa dengan nama Es Nyiur Jahe. Dengan menu Es Nyiur aneka rasa. Ada rasa caramel, rasa jahe, rasa yang tertunda caramel jahe, dll. Terletak di Jalan Ahmad Yani Km.12. Kedai nya sih biasa aja bro, tapi yang antri bejibuuunnn. Rasanya enak. Dijamin nagih. Slruuupppp



Bakso Pal Satu

Nah, buat yang kangen bakso-bakso an, bisa cobain Bakso Pal Satu ini. Letaknya di Jalan Ahmad Yani Km. 01 No. 10. Kedainya diantara deretan ruko-ruko bro. Disini gw nyobain mie ayam bakso. Gw udah penasaran banget ama rasanya, semoga se-asik rasa bakso pak kumis depan pengkolan kostan gw. Begitu pesanan datang, gw bengong sekejap...

Mie Ayam Bakso
Bener sih gw pesennya mie ayam bakso, tapi kenapa yang dateng satu mangkok mie ayam dan satu mangkok bakso. Gw kira mbaknya salah denger. Biasanya klo gw makan mie ayam bakso dimana-mana, menunya satu mangkok mie ayam dengan dua butir bakso. Ini kenapa datengnya dua mangkok. Setelah gw perhatikan sekitar, ternyata gw gak salah pesen. Memang porsi disini mie ayam bakso itu disajikan satu mangkok mie ayam dan satu mangkok bakso. Ini nih, yang bikin nambah pundi-pundi lemak gw :DD

RM. Fauzan

Wah ini sih Rumah Makan paling favorit gw. Kenapa?? Sambelnya brooo, nendaaaanggg!!


Udang & Ikan
Menu disini gak jauh-jauh dari seafood. RM Fauzan utama berada di Jalan Sultan Adam. Tapi rumah makan ini mempunyai berbagai cabang di Banjarmasin. Berbeda dengan Pondok Ikan Bakar Asian dengan menu seafood nya aneka masak bumbu, kalo di RM Fauzan ini menu seafoodnya digoreng atau dibakar. Yang khas dari tempat ini, tentu sambalnyaaa. Nyaammmmsss.

Tempat sederhana dengan menu yang menggoda

Bebek Jontor

Ini nih, gegara nyari tempat makan yang satu ini, gw sempet capek dan nyasar dulu ke bebek H. Slamet buat ngisi bahan bakar perut. Katanya ini recommended banget. Dengan namanya yang begitu sensual, malam-malam gw bela-belain nyari nih tempat makan. Dan begitu selesai gw kelar makan di bebek H. Slamet, baru melangkah ke kekiri, gw melihat plang 'BEBEK JONTOR', What the ****!! Gegara lokasinya agak masuk ke dalam, jadi plang nya kurang begitu kelihatan. Mungkin karena gw nyarinya terlalu nafsu diiringi dengan lapar yang menggebu. Alhasil besokannya gw cobain dah nih si bebek yang katanya bikin jontor. Alamatnya terletak di jalan Ahmad Yani, bersebelahan dengan Bebek H. Slamet.


Satu porsi bebek jontor
Gw pesen satu porsi bebek jontor dengan sambal super pedas. Begitu pesanan datang, gw cobain itu sambal andalannya. Perasaan gw pesen sambel super pedes, mungkin mas nya salah ngasih kali yak. Terus gw minta satu sambal lagi yang paling paling pedes. Pas dateng, gw cobain. did you know? Rasanya tetep sama. Oemji, ini apanya yang bikin jontor batin gw. Masih jontoran mbok jayus di Malang. :D Tapi buat kalian penggila pencinta pedas menu ini lumayan untuk dicoba.

Untuk cerita ngebolang Kalimantan berikutnya, tungguin aja. Kali aja gw gak males lagi buat nulis dan berbagi pengalaman dengan kalian :p 

Komentar

Most Common

Umbul Sidomukti

Jogja, Never Ending Story...

Solo Backpacker Goes to Singapore Part II

Mengisi Amunisi di Resto Kapitan, Penang

Day One-Two : Phuket Town

Day Nine-Eleven : Kuala Lumpur - Pulang

Day Three : Patong, Karon, Kata Beach

Solo Backpacker Goes to Singapore Last Part

Mlaku-Mlaku Nang Semarang (Day1)

Semarang 24 Jam