Trip Murah Singapore 3D3N 1,6 Juta

Buat kalian yang sedang mencari liburan jangka pendek, murah, dan kesannya ke luar negeri (emang keluar negeri sih kekekekek) tulisan ini bisa jadi inspirasi buat kalian.

Trip ini dilaksanakan 25-28 Februari 2017. Kalau memang kalian tipikal budget traveler kayak gue, cari tiket murah memang wajib jauh-jauh bulan sebelumnya. Waktu itu gue dapet tiket desember 2016 untuk trip ke SG di bulan Februari 2017, dengan harga tiket PP gopek ceng.

Kali ini jalan sama partner traveling gue euoni ense yang kebetulan doi belum pernah napakin kaki kesana, karena doi dulu bikin passport demi nonton yayang-nya konser di Bangkok. Jadilah, gue rayu-rayu doi buat nemenin gue liburan ke SG. Karena gue emang lagi cari tiket liburan buat refreshing setelah sidang. Jadilah kita ngetrip murah, meriah, bahagia, cuss pergilah ke SG. 💨✈

Hari pertama sampai di Changi sekitar jam 10 malam waktu Singapore. Berhubung gue paling demen jelajahin Changi, gue ajak doi muterin changi terminal 1, 2 sampe 3. Gempor sih yaa Changi yang segede gaban gitu kita puterin sambil jalan kaki, gendong backpack yang isinya lumayan berat banget. Iyalah berat, gue isi botol air minum aja yang 1500 ml wkkwwkkw *niat banget emang.

sunny in the dark~~
Dan saat itu kita sangat kelaperan, kita mampir dulu ke lantai 3 ada sejenis food court 24 jam gitu. Oia food court ini ada di semua terminal. Walaupun makanan disini tidak bisa dibilang murah, tapi cukup membantu lah waktu kelaparan. Disini saya pesan nasi lemak seharga 6,5 USD.

Seperti biasa demi menghemat budget, setelah makan kita cari lapak buat bobok. Waktu itu kita dapet lapak diantara terminal 1 dan terminal 3 persis depan terminal skytrain. Tempat disini lumayan sepi dan enak buat bobok. Gak banyak orang lalu lalang karena udah malem banget, jadi gak khawatir bakalan keganggu. Gw duduk diantara kursi-kursi kosong buat tidur, sedangkan temen gw gelar lapak dibawah biar tidurnya bisa rebahan. Sekitar jam 3 pagi gitu gw agak was-was sih takutnya kejadian dulu gw diusir waktu bobok terulang lagi. Dan beneran jam 3 pagi petugas-petugas yang biasa sweeping itu mampir di sekitaran tempat gw bobok. Waktu itu gw pura-pura lagi tidur dan berharap mereka gak samperin gw. Dan syukurnya mereka cuma ngobrol-ngobrol doang disekitar situ lalu pergi. Ya Tuhan.., jantung gw udah deg-degan padahal. LOL

Paginya setelah keluar imigrasi, kunjungan pertama kita dimulai ke Henderson Waves. Dulu waktu kesini gak kesampaian buat ke tempat ini. Dan sekarang first list kita langsung ke jembatan yang berlokasi di Telok Blangah ini. Naik MRT turun di Harbourfront exit C lalu cari pintu keluar dan naik bus 145. Perhatikan turun bus di halte ke 5 dari Harbourfront atau halte kedua setelah masuk jalan Henderson (halte Aft Telok Blangah).

Setelah turun di halte, menyebrang jalan lalu akan menemukan anak tangga yang menuju ke atas. Dari bawah sebenarnya jembatan Henderson ini sudah terlihat. Susuri anak tangga tersebut lalu belok kiri. Gak jauh dari situ akan ada plang bertuliskan Henderson Waves. Berhubung ini hari Minggu pagi, jadi disini sangat ramai orang-orang yang berolahraga. Cuma gue dan temen gue aja looking so odd gegara yang lain pada lari pagi, kita doang yang naik bukit gendong-gendong ransel. LOL

which one?
a thousand miles journey starts with one step
rempong depan belakang 😄
....mdpl

Pulangnya kita menggunakan bus dengan rute yang sama dan turun di Vivo City. Begitu masuk Vivo City cari lantai 1 lalu ambil jalan menuju ke broadwalk yang menghubungkan ke RWS. Tapi bagi kalian yang ingin menggunakan skytrain bisa naik ke lantai 3 dengan biaya $3. Rencananya seharian ini kita bakal main di Sentosa. Biasanya jalan kaki akan dikenakan charges $1 di pintu masuk RWS, tapi kali ini perjalanan kita gratis biaya masuk karena ada promo sepanjang 2017. Yay!!

Saking kelelahan jalan kaki, kita cuma bisa duduk di bangku-bangku taman di depan USS sambil ketiduran saking capeknya. Terus dilanjutin foto-foto didepan USS, menyusuri jalan ke pantai-pantai di Sentosa yang saking teriknya kita cuma bisa neduh dibawah pohon terus balik lagi. Sampainya di taman dekat pantai-pantai kita cuma bisa gegoleran tiduran berasa taman milik sendiri. Yasalam. Gak jelas banget. Iya, gak ada agenda penting disini.

anak siapa nih 😹
Sorenya kita langsung lanjutin ke MRT Nicole Highway untuk check in hostel. Kita menginap di 5footway inn project Bugis. MRT Nicole Highway ambil exit A langsung naik eskalator menuju pintu keluar, setelah itu naik tangga menuju overhead bridge. Lalu jalan sekitar 5 menit. Lokasi hostel ini juga lumayan strategis karena gak jauh dari masjid dan kuliner.

Malamnya kita sholat di masjid Sultan dan diseberangnya terdapat restoran yang wajib dicoba, namanya Restaurant Zam Zam. Kita masing-masing pesan nasi briyani. Saran saya sih klo pesen nasi briyani beli satu aja buat berdua. Karena kita berdua pesen nasi briyani untuk 2 porsi, begitu datang kita agak kaget karena porsinya banyak banget, hahahahaha.

briyani
Hari berikutnya di Singapore kita sempatkan untuk mengunjungi Singapore Botanical Garden. Penasaran dengan Kebun Raya-nya Singapore mendaratlah kita di MRT Botanic Garden. Lokasi kebun raya ini mudah sekali dijangkau, begitu keluar dari pintu MRT kita akan menemukan pintu masuk ke kebun raya ini. Biaya masuk disini gratis, hanya saja jika ingin memasuki beberapa arena akan ada biaya yang harus dibayar.

aku tersesat dan tak tahu arah jalan pulang~~

no caption needed -_-
Kalau dibandingkan sih masih enakan kebun raya Bogor, masih sangat rindang dan gak terlalu panas. Kalau disini lumayan banget teriknya dan jumlah pepohonannya masih kalah jauh dengan kebun raya Bogor. Memang Singapore itu terlalu pintar untuk mengelola tempat. Sehingga kebun yang seperti ini saja bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Gak perlu berlama-lama kita langsung cabut ke Orchard Road. Sebenernya ke Orchard itu gak mau ngapa-ngapain, tujuannya cuma satu, jajan uncle ice cream. LOL.

kesampaian fufufu~~

iki anake sopo seh 😄

Dari Orchard perjalanan kita lanjutkan ke Little India. Tujuannya ke Mustafa Center berburu oleh-oleh. Kalau mau ke Mustafa Center jangan turun di MRT Little India, karena lokasi Mustafa Center lebih dekat dengan MRT Farrer Park. Dari sini jalan kaki gak terlalu jauh. Mustafa Center itu tempatnya berburu oleh-oleh apalagi bagi budget traveler seperti kita ini. Terutama untuk cokelatnya. Harganya lumayan murah dibandingkan ditempat lain. Disini gw cuma jajan coklat buat oleh-oleh.

Setelah capek muterin Mustafa Center, kita cari-cari makan disekitar sini. FYI harga makanan disekitar sini gak bersahabat banget dengan kantong. Jadi klo bisa sih jangan kelaperan disini wkwkwkkw. Saking butuh makanan yang murah kita keliling dari ujung ke ujung dan gak nemu harga makanan murah. Akhirnya kita mendaratlah di salah satu pojokan jalan seberang Sakunthala Restaurant.

ciyee shopping

briyani $8 mau nangis tapi laper

Belum puas dengan Mustafa Center, cuss kita lari ke Chinatown nemenin Endang yang dollar-nya belum abis-abis 😄😄. Kalau di Mustafa itu lebih enak cari-cari cokelat, disini tuh lebih enak cari pernak-pernik khas SG. Kayak keychain, baju tulisan SG, magnet kulkas, dan perintilan kecil-kecil yang bisa dijadikan oleh-oleh. Harga disini juga sangat murah dibandingkan tempat lain. Jadi, jangan sampai kelewatan dari itinerary kalau mau ke Singapore.

iki koleksi fotoku kok gak ono seh -_-
Masih ada waktu buat ngelayab, dari Chinatown kita lari ke MRT Promenade untuk menyambangi Helix Bridge. Jembatan ini lebih seru kalau dikunjungi saat malam hari karena bentuknya yang unik jadi daya tariknya tersendiri untuk wajib dikunjungi. Begitu keluar MRT Promanade akan keliatan Singapore flyer dari jalan. Susuri jalan yang berada di seberangnya untuk mencapai Helix Bridge. Untuk menuju jembatan ini sama saja dengan mencari jalan ke MBS, karena lokasi helix bridge persis di samping MBS.

helix bridge
Dari tempat ini, diseberang sana sudah terlihat patung merlion. Keliatannya sih deket dan bisa dijangkau. Tapi gue tidak menyarankan kalian untuk pergi kesana. Karena gue pun tadinya mencoba untuk berjalan ke arah Merlion, tapi ternyata jalan yang kita lewati itu jauuuuuuuhhhh banget. Bahkan baru setengah jalan kita sampe kecapean trus duduk-duduk dipinggir sungai dan balik lagi ke MRT Promanade buat pulang.

Hari terakhir di Singapore kita sempatkan untuk mengunjungi Garden by The Bay. Untuk ke lokasi ini turun di MRT Bayfront cari exit B, ikuti jalan underground, keluar dan menyebrang lewat dragon fly bridge. Taman disini juga free entrance, kecuali kalau kita mau masuk ke beberapa taman yang diharuskan membayar.

because the weather was good...

the famous super trees

Garden by the bay merupakan taman buatan yang futuristik terletak tidak jauh dari Marina Bay Sands. Begitu memasuki area ini, kita bisa melihat gedung MBS sangat dekat dan kita persis berada di belakang gedung tersebut. Ada apa saja di Garden by The Bay? Disini ada berbagai macam taman, seperti Chinese Garden, Orchid Garden, Heritage Garden, Cloud Forest, Flower Dome, dan masih banyak lagi. Pokoknya taman ini tuh luas bangettt, bisa kalian jelajahi kalau punya waktu lebih di Singapore. Berhubung waktu gw disini gak cukup banyak, jadi kita cuma mengunjungi beberapa taman yang keliatan mata saja. Oia selain mengunjungi beberapa taman, bagi kalian yang ingin mencoba berjalan diatas ketinggian 22 meter bisa mencoba OCBC Skyway. Untuk waktu kunjungan sekitar jam 09.00 - 21.00 dengan harga tiket $8 untuk dewasa dan $5 untuk anak-anak.

Oia kalau kalian masih belum puas belanja, masih bisa kunjungi Bugis Street. Disana juga pusat oleh-oleh murah meriah. Dari masjid Sultan masih bisa dijangkau dengan jalan kaki. Kalau kalian jago nawar pasti dapet harga yang murah meriah, tapi bagi kalian yang gak jago tawar-menawar, susuri terus bugis street sampai jalan mentok paling pojok ketemu dengan pedagang-pedagang buah lalu belok kiri. Gak jauh dari situ ada toko serbu aka toko serba lima ribu. Berhubung pakek dolar disini gak lima ribu, tapi serba $1. Gak semua $1 sih, tapi banyak yang dijual dengan harga murah disitu.