JJS Taman Kota Air, Kapuas Kalimantan Tengah

Dibuang sayang, secuil kisah dari bumi borneo yang indah. Jalan-jalan dikota kecil masih di Kalimantan Tengah, Kapuas. Jika kamu hendak bepergian dari Palangkaraya ke Banjarmasin ataupun sebaliknya, pasti akan melewati tempat yang satu ini. Kapuas itu kota yang sangat indah, karena berada pada daerah tepi sungai. Kalau dalam pelajaran geografi kita mengenal adanya sungai kapuas, inilah tempatnya.

Jalan-jalan sore disini cukup menyenangkan. Kota yang tidak terlalu ramai, namun juga tidak terlalu sepi dibanding dengan Kabupaten Pulang Pisau di sebelahnya. Ada banyak fasilitas yang disediakan disini, seperti taman kota, stadion sepak bola, arena bermain bilyar, ataupun sekedar duduk-duduk di dermaga sembari menikmati sunset.

Sungai-sungai disini pun digunakan sebagai akses untuk transportasi menggunakan kapal. Seru kan, kalo biasanya kita melintasi satu kota dengan kota lainnya melalui jalur darat, disini disediakan lho jalur sungai. Dengan pemandangan kanan kiri berupa hutan lindung. 

Sekedar jalan mengitari taman kota kapuas pun cukup menarik. Jika pagi hari tempat ini ramai dikunjungi sebagai tempat untuk lari pagi, namun beda dengan yang terjadi di sore hari. Disini ramai orang yang bersantai, dan ada berbagai macam pedagang kaki lima menjajakan jajanan khas Kalimantan. 





Selain taman kota, spot yang menarik untuk foto-foto adalah di bundaran kapuas. Disana terdapat taman kecil yang mengitari sekitar bundaran, sehingga kendaraan yang lewat pun rasanya sayang jika tidak menepi untuk sekedar foto-foto disana. Dengan icon-icon khas Kalimantan yang unik, kita bisa mengabadikan moment-moment indah sebagai oleh-oleh untuk diri kita sendiri.

Ada hal lain lagi yang menarik di kota ini, jika kalian melewati tempat ini dan kehabisan bensin pas ketika waktu sholat jum'at tiba, jangan harap kalian akan mendapatkan SPBU yang buka disini. Karena uniknya kota ini, dengan penduduknya yang heterogen mereka mampu untuk menghargai antar pemeluk agama. Jika waktu sholat jum'at tiba kalian akan menyaksikan deretan kendaraan akan mengantri di depan SPBU. Dan SPBU itu akan buka kembali setelah sholat Jum'at selesai.

Bukan hanya SPBU, ada banyak toko pun yang menutup tokonya ketika sholat jum'at tiba. Dan mereka hanya akan menutupi dagangannya begitu saja lalu akan buka kembali selesai sholat jum'at. Ini kereeeeeeennnn bangetttt.




Oh iya, jangan lupa jika berkunjung kesini adalah mencicipi kulinernya. Ada banyak tempat makan di sepanjang jalan di kota ini. Mulai dari makanan berat hingga jajan-jajanan khas yang bisa kita jumpai di pinggir jalan. Salah satu tempat makanan favorit gw disini adalah bakso golkar dekat pasar kapuas dan warung makan ombilin yang rasanya nyam nyammm. Ada juga toko roti arsila yang lokasinya dekat gereja kalimantan evangelis, yang rasa dan tekstur nya lembut.

Dan ketika ramadhan tiba, di kota ini pun diadakan 'pasar dadakan' di lapangan dekat bank mandiri. Yang menjual beragai macam panganan khas serta takjil untuk berbuka puasa. Jika berkunjung kesini dibulan puasa, rasanya wajib untuk mampir ke pasar dadakan ini yang hanya ada setahun sekali. Beragai kudapan khas berupa masakan yang diolah kebanyakan dari hasil sungai seperti ikan patin, ikan saluang, dll. 

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa jika sudah minum air kalimantan, maka akan kembali kesana. Entah benar ataupun tidak, buat cowok-cowok jangan takut buat minum air sana, karena cewek kalimantan cantik-cantik lho~~~~ 


Komentar

  1. Mantap, masih ingat dengan jelas , dimana mana saja lokasi nya.
    Ehm jangan lupa buah yng mirip durian, tapi lebih mungil, dan bikin gigi dan lidah menguning

    BalasHapus

Posting Komentar

Most Common

Umbul Sidomukti

Confetti Ice Cream Malang